Friday, August 24, 2012

Smart vs. Dumb Phone

Keberadaan teknologi seperti handphone canggih, gue akuin, sedikit atau bahkan sangat merusak diri gue.

Kenapa?

Inget ngga sih dulu waktu kecil, yang namanya main ke rumah temen itu hal yang penting. Lo sisihin waktu khusus buat ketemu sama temen-temen lo. Dulu kalo gue mau main ke rumah tetangga, PR harus diselesein dulu, plus harus tidur siang dulu (karena mainnya sore). Terus pasti adaaa aja bahan yang dibuat main. Entah sepeda bareng, main masak-masakan, bahkan main bola gawang sendal atau kejar-kejaran aja udah bikin kita bahagia banget. Pas udah gede dikiit, ngapelin gebetan juga pasti bikin semangat banget walaupun capek abis sekolah seharian...

Inget ngga waktu kecil yang namanya telepon itu udah kaya barang ajaib. Waktu kecil, siapa sih yang ngga pernah berebut sama orang serumah untuk ngangkat telpon doang? Ngga ngomong loh ya.. Ngangkat aja. Dan sekalinya dapet kesempatan untuk nelpon pasti bakalan seneeng banget ngomong sama orang di seberang telpon, siapapun itu; keluarga, temen, atau bahkan mas-mas delivery makanan. Begitu gede dikiiit, ngedenger suara si dia di seberang telpon aja udah bisa bikin hati panas dingin bergetar-getar...

Coba bandingin sama sekarang, zamannya udah adah BBM, Whatsapp, LINE, iMessage, Skype, MSN, YM!, dan benda benda lain yang intinya chatting.

Berapa sering sih lo nyisihin waktu buat main sama temen lo, ketemu sama badannya juga? Mungkin kalo cuman sahabatan deket atau temen sekolah pasti sering. Kalo temen lama? Waktu kecil kan mau gamau harus pergi ke rumahnya baru ketemu.. Lah sekarang? Tinggal bbm, selesai. Ngobrol di whatsapp, udah.

Sekarang kalo mau diitung pake jari berapa kali kita pake telpon kaya dulu kita pake telpon juga bisa kan? Sekarang aja kalo disuruh pake telpon rasanya malesnya minta ampun. Selalu kalo ada apa apa bilang, "Lewat BBM aja ya" atau "Punya nomer kan? Whatsapp aja". Padahal dulu kan nomer handphone atau telepon buat nelpon dulu baru sms bukan buat whatsapp doang.

Akibatnya ke gue pribadi banyak banget. Gue semakin males nelpon orang. Setiap harus nelpon apalagi ke orang orang yang ga gue kenal (seperti mbak mas delivery atau telpon taksi atau apapun) pasti gue deg-degan setengah mati. Kalo disuruh ke rumah temen lama, bakalan lamaaa banget buat gue untuk ngumpulin keberanian. Bahaya abis.

Seperti yang sering dibilang orang "Sometimes I miss the time when people are smart and phones are dumb"

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...